Kencang Mana sih…???
Pertanyaan ini tiba-tiba muncul begitu
saja. Dua motorsport berbeda generasi tapi sama-sama 150cc. Siapa yang
tidak kenal Suzuki RGR. Pada zaman keemasannya, motor sport keluaran
Suzuki ini sempat menjadi idola para speed freak di era 90an sebelum
Honda NSR dan Kawasaki Ninja menggeser dominasinya. Di luncurkan
pertama kali oleh Suzuki sekitar tahun 1990/1991. Motor berdaya kuda 26,
5ps dengan berat kosong sangat ringan 99,8kg dalam kondisi standart
kecepatan puncak dengan mudah bisa mencapai 176km/jam (Pengalaman
pribadi). Cuma sayang RGR hanya mengandalkan mesin tekhnologi bisa di
bilang jadul. Mengandalkan pendingin udara, tanpa fitur-fitur istimewa
didalamnya, RGR konsumsi bensin lumayan boros.
Lambat tapi pasti era RGR semakin
tergeser oleh eksistensi kompetitornya (Honda NSR dan Kawasaki Ninja).
Sparepart yang lumayan mahal serta melemahnya tingkat penjualan memaksa
Suzuki menghentikan produksi RGR pada tahun 1999. Nasib sama menimpa
Honda NSR. Kelemahan dari statusnya yg BU membikin puyeng para pemakai
motor sport ini kalau terjadi ke
rusakan
dan penggantian part. Praktis hanya Kawasaki Ninja yang menjadi favorit
para rider penyuka kecepatan. Sparepartnya yang terjangkau, serta
dukungan penuh dari KMI menjadikan Ninja eksis sampai sekarang.
Kencang manakah sebenarnya Ninja
dibandingkan RGR…??? berdasarkan data tehnis ke-2 pabrikan di pastikan
Ninja menang dari segi power yang mencapai 30PS sementara RGR hanya
26,5PS. Tapi ternyata tidak ketika di coba di lapangan. Ketika mencoba
Ninja L keluaran 2009 sensasi tarikan yang di dapat tidak sedahsyat RGR.
Sejujurnya sedikit kecewa karena saya pribadi berharap lebih terhadap
si Ninja ini. Kelemahan yang paling mendasar adalah kurangnya tarikan
bawah. Tenaga baru terasa nendang ketika rpm menggapai 7000 keatas.
Inilah kelebihan superkips yang nyata-nyata sangat membantu Ninja dalam
power & Fuel Efficiency. Kalo di fleshback jaman 90an dulu, RGR
dari tarikan bawah sampai atas powernya sangat terasa. Hentakan
tolakan gravitasinya mampu memberikan sensasi yg luar biasa, tubuh rider
serasa di lempar kebelakang. Banyak segi yang mempengaruhi hal ini.
Kemungkinan besar dengan berat kosong RGR yang hanya 99,8kg output
tenaga 26,5ps mampu secara murni direalisasikan di lapangan. Bandingkan
dengan Ninja-L yang mencapai 124,5kg. Memang susah untuk membuktikan
secara hitam putih karena tidak ada data atau alat ukur yang bisa di
jadikan bukti konkret untuk mendukung pendapat ini. Hanya feeling saja
yang di jadikan patokan. Apalagi informasi kencang terdengar bahwa
speedometer Ninja versi L/M tidak actual alias maju 5-10 km/jam dari
sebenarnya (Pernah di coba dengan speedometer Honda Megapro). Bandingkan
dengan RGR yang tidak ada keluhan mengenai hal tsb. Entahlah….![s-rgr150](https://lh3.googleusercontent.com/blogger_img_proxy/AEn0k_tqciuyVmZo10LFeR8F1yUN7dSaGnf3nEtPtBF_YVbkZpeuBiBiAfoi4S57K7lPgFKHaG_RmR_-uZ-TSsKuDt8msenI7pLw9REdDXniBE0hC3ykixlKihA6rOqTiudwGpD2blm1zBdcBYbT0ky0bxf5wg8Rln8YTA=s0-d)
Tapi di balik itu semua, saat ini Ninja
adalah rajanya. Tidak bisa di pungkiri. Fitur yang komplit dengan
kecanggihan tehknologi mesin yang di benamkan di dalamnya menjadikan
produk yang tidak terkalahkan dalam hal kecepatan. Bandingkan dengan
RGR, tentunya jauh dan tidak fair rasanya jika membandingkan dengan
Ninja dalam hal fitur. Bagaimana menurut brothers semua……monggo
dishare(Iw/4/12/09)
Spesifikasi Suzuki RG-R (150)ss :
MODEL RG-V (SS)
DIMENSION AND DRY MASS L x H x W 680 x 1,970 x 1,120 m.m.
WEIGHT 99.8 kg.
PERFORMANCE
—MAXIMUM H.P. 26.5 PS. at 9,500 RPM.
—MAXIMUM TORQUE 2.1 kg.m. at 8,000 RPM.
ENGINE TYPE 2 stroke, forced air-cooled
FUEL SYSTEM SSS and SIPC
PISTON DISPLACEMENT 147 C.C.
BORE x STROKE 59.0 x 54.0 m.m.
INTAKE SYSTEM Piston and reed valve
STARTET SYSTEM Primary kick
LUBRICATION SYSTEM SUZUKI “CCIS”
TRANSMISSION CLUTCH SYSTEM Wet multi-plate type
TRANSMISSION 6 speed constant mesh
CHASSIS
—FRONT SUSPENSION Telescopic, coil Spring, oil dampened
—REAR SUSPENSION Swinging arm, oil dampened
FRONT TIRE SIZE 2.75 – 18 4PR
REAR TIRE SIZE 3.00 – 18 4PR
FUEL TANK INCLUDING RESERVE 11 liters
CCI ENGINE OIL TANK 1.2 liters
DIMENSION AND DRY MASS L x H x W 680 x 1,970 x 1,120 m.m.
WEIGHT 99.8 kg.
PERFORMANCE
—MAXIMUM H.P. 26.5 PS. at 9,500 RPM.
—MAXIMUM TORQUE 2.1 kg.m. at 8,000 RPM.
ENGINE TYPE 2 stroke, forced air-cooled
FUEL SYSTEM SSS and SIPC
PISTON DISPLACEMENT 147 C.C.
BORE x STROKE 59.0 x 54.0 m.m.
INTAKE SYSTEM Piston and reed valve
STARTET SYSTEM Primary kick
LUBRICATION SYSTEM SUZUKI “CCIS”
TRANSMISSION CLUTCH SYSTEM Wet multi-plate type
TRANSMISSION 6 speed constant mesh
CHASSIS
—FRONT SUSPENSION Telescopic, coil Spring, oil dampened
—REAR SUSPENSION Swinging arm, oil dampened
FRONT TIRE SIZE 2.75 – 18 4PR
REAR TIRE SIZE 3.00 – 18 4PR
FUEL TANK INCLUDING RESERVE 11 liters
CCI ENGINE OIL TANK 1.2 liters
Spesifikasi kawasaki Ninja 150 L/M :
Type : 2-tak,crankcase reedvalve,SuperKIPS,HSASDiameter x Langkah : 59,0 x 54,4mm
Sistem Pendinginan : Pendinginan dengan air
Jumlah & Isi Silinder : Satu buah & 148cc
Perbandingan Kompresi : 6,8 : 1
Daya Maksimum : 30,1 KW ( 30,1 PS ) / 10.500 RPM
Torsi Maksimum : 20,5 Nm / 9.500 RPM
Karburator : Keihin PWL 26
Sistem Starter : Kick
Jumlah Transmisi : 6 speed, constant mesh, return shift
Sistem Pelumasan Oli : Oil Injection
Kapasitas Oli Samping : 1 liter
Kapasitas Oli Transmisi/Mesin : 0,87 liter
Knalpot / Muffler : Catalic Converter
Kapasitas Coolant : 1,3 liter
Suspensi Depan : Telescopic Fork Suspension
Suspensi Belakang : Monoshock Suspension
Rem Depan : Twin Pot Disc Brake
Rem Belakang : Twin Pot Disc Brake ( CW ) & Drum Brake ( SW )
Ban Depan : 2,75-17 4PR Tube-type
Ban Belakang : 3,0-18 4PR Tube-type
PanjangxlebarxTinggi : 1955mm x 705mm x 1070mm ( Cast Wheel ) 1955mm x 740mm x 1035mm ( Spoke Wheel )
Tinggi Tempat Duduk : 780mm
Jarak Poros Roda : 1.305mm
Jarak ke tanah : 145mm
Berat : 124,5 kg
Isi tangki bensin : 10,8 liter
Baterai : 12 V 4 Ah
Comments
Post a Comment